28 April 2017

Situs Telkomsel Diretas Hacker

Situs Telkomsel dengan alamat http://www.telkomsel.com/ hingga artikel ini dibuat 28/112017 pukul 11.00 wib, masih menunjukkan "We Apologize, the website is under maintenance" setelah semalam kena retas hacker.

Halaman utama diubah tampilan (deface) dengan kata-kata kasar sebagai protes atas kekesalan terkait dengan penawaran harga yang dipaket oleh Telkomsel kepada pengguna paket data internet. Selain itu, peretas (hacker) menolak sistem pembagian kuota internet yang dianggapnya merugikan karena tidak dibutuhkan.

Situs Telkomsel Diretas Hacker
Tampilan situs telkomsel pada 27 Apr 2017 22:35:18 GMT..

Intinya Pesan si hacker dapat dipahami sebagai ungkapan kekesalan dirinya atas tarif paket internet Telkomsel yang menurut dirinya mahal. Ia mengatakan, bagaimana Indonesia bisa maju jika harga tarif paket internet saja mahal.

Adita Irawati, Vice President Corporate Communication Telkomsel dalam keterangan singkat kepada pers menjelaskan sedang melakukan penelusuran dan perbaikan yang dibutuhkan agar pelanggan dan masyarakat bisa segera mengakses website tersebut.

Paket internet Telkomsel memiliki harga beragam dan membagi kuota yang ditawarkannya ke dalam beberapa penawaran, termasuk untuk layanan video streaming dan musik mitranya, yaitu HOOQ, dan Viu.

Salah satu paket yang ditawarkan Telkomsel adalah Flash, menawarkan paket data internet 1GB dengan kuota tengah-malam dari pukul 00.00 hingga 07.00 sebesar 2GB dan gratis akses HOOQ dan Viu selama 30 hari, dengan harga Rp 47.500 sebagai paket paling terjangkaunya. Sementara paket termahalnya dibanderol seharga Rp300.000.