21 Juli 2016

Wisata Umbul Ponggok Klaten

Tempat wisata Umbul Ponggok menjadi tempat yang sangat asyik untuk berenang dan snorkeling di kolam air tawar alami. Kolam alami yang berada di lokasi desa Ponggok Kecamatan Polanharjo Kabupaten Klaten adalah sebuah kolam biasa yang bersumber dari mata air bawah tanah yang sudah ada sejak jaman Belanda. 


Kejernihan dan kedalaman Kolam Umbul Ponggok Klaten yang tidak rata, berkisar antara 1,5 meter sampai 2,8 dengan dasar kolam yang berpasir dan berbatu sangat menarik untuk kegiatan berenang dan menyelam menyusuri dasar kolam yang luasnya sekitar 50 x 25 meter. Tidak heran tempat ini sering digunakan sebagai latihan menyelam bagi para diving pemula karena mirip suasana bawah laut.

Memotret di Bawah Air di Umbul Ponggok merupakan paket yang diandalkan di tempat ini. Agar hasil pemotretan terlihat bagus di Umbul Ponggok, sebaiknya dilakukan datang pada hari Senin – Jumat antara pukul 07.00 – 09.00 WIB atau pukul 14.00 – 16.00 WIB dikarenakan pagi atau sore hari air lebih jernih dan sinar matahari pada posisi samping tidak tepat di atas kepala. Jika pemotretan dilakukan pada Sabtu – Minggu atau hari libur biasanya pengunjung ramai sehingga tidak bisa leluasa mencari spot foto yang bagus.