29 Mei 2016

Bagaimana Membuat Makalah Dengan Benar

Pada lembaga pendidikan formal seperti sekolah pendidikan dasar, menengah dan perguruan tinggi, penulisan makalah umumnya menjadi tugas untuk memenuhi syarat tertentu misalkan mendapatkan nilai atau kelulusan.


Bagaimana Membuat Makalah Dengan Benar


Untuk itu, membuat makalah harus mengikuti ketentuan atau kerangka aturan yang telah ditetapkan oleh lembaga yang terkait dalam mendefinisikan kerangka penulisan makalah yang dapat berbeda satu institusi dengan lainnya.

Secara umum kerangka makalah terdapat ketentuan atau aturan yang berisi: menggunakan bahasa formal baku, format penulisan sesuai dengan lembaga yang terkait, bersifat ilmiah, didukung oleh fakta dan teori-teori ahli yang berkaitan dengan materi, terdapat sumber pustaka atau bibliography.

Kerangka penulisan makalah secara luas belum ada aturan yang bersifat baku, namun lebih kepada aturan lembaga terkait. Demikian juga dalam artikel ini, kerangka penulisan makalah ini bersifat umum yang lazim digunakan oleh banyak lembaga. Selain itu, uraian ini merupakan pedoman dasar dalam proses penulisan makalah terutama bagi penulis pemula yang dapat dikembangkan lebih lanjut terutama untuk pembuatan skripsi maupun tesis.

Kerangka Membuat Makalah

Dalam sebuah penulisan untuk uraian jawaban atas pengujian terhadap beberapa pokok masalah dapat ditulis dalam kerangka makalah sebagai berikut:

Abstrak

Abstrak merupakan gambaran umum tentang uraian yang ada pada sebuah makalah.

Kata Pengantar

Kata pengantar sebagai pengarah umum penulisan kepada pembaca yang biasanya dimulai dengan ucapan pujian kepada Allah SWT atas telah berhasil penulisan makalah serta alasan penulisan makalah serta ucapan terima kasih kepada semua pihak yang mendukung dan membantu terhadap proses penulisan makalah.

Daftar Isi

Daftar isi berisi bagian-bagian utama dari kerangka penulisan makalah yang tersusun mulai dari awal dengan menyertakan lembar halaman.
Bab I Pendahuluan

Pendahuluan merupakan pengenalan pembaca atas uraian pembahasan yang ada dalam makalah.

1.1. Latar Belakang Masalah
1.2. Perumusan Masalah
1.3. Ruang Lingkup Pembahasan atau Batasan Masalah
1.4. Tujuan Penulisan
1.5. Manfaat Penulisan

Bab II Pembahasan

Bab Pembahasan merupakan uraian pembahasan dari masalah yang telah dirumuskan pada langkah sebelumnya.

2.1. Definisi Term
2.2. Pembahasan Masalah

Bab III Penutup

Pada Bab Penutup penulisan difokuskan pada kesimpulan dari uraian pembahasan dalam dalam bab sebelumnya.

3.1. Kesimpulan

Daftar Pustaka
Lampiran


Sumber: Kerangka Umum Makalah