04 April 2016

Nyamuk Rekayasa Genetik Untuk Melawan Nyamuk

Nyamuk VS Nyamuk barangkali itu tujuan penelitian ilmuwan Amerika Serikat mengembangbiakkan nyamuk dengan rekayasa genetika yang dapat melawan infeksi malaria akibat nyamuk. Namun bukan nyamuk sembarang nyamuk karena nyamuk asli akan dilawan oleh nyamuk mutan.

Nyamuk Rekayasa Genetik Untuk Melawan Nyamuk


Seperti kita ketahui bahwa penyakit malaria disebabkan oleh gigitan nyamuk dan masih ada sekitar 4,2 miliar orang di dunia beresiko terkena malaria. Banyak usaha yang telah dilakukan orang untuk mencegah gigitan nyamuk, mulai dari memasang kelambu sampai dengan penggunaan obat anti nyamuk modern seperti HIT obat nyamuk elektrik namun tetapi penyakit ini masih membunuh sekitar 580.000 orang per tahun.

University of California Amerika Serikat membentuk tim untuk membuat nyamuk rekayasa genetika untuk menekan kasus malaria. Jenis nyamuk yang digunakan dalam eksperimen tersebut adalah nyamuk Anopheles stephensi, yang biasa ditemukan di India. 

Dr Anthony James dan timnya menunjukkan bahwa mereka dapat memberikan serangga tersebut kode DNA baru untuk membuatnya menjadi inang yang buruk bagi parasit malaria.

Ilmuwan lain telah meninjau untuk memodifikasi genetika nyamuk untuk membuat mereka mandul, sehingga nyamuk-nyamuk tersebut makin lama makin habis. Tetapi beberapa ahli khawatir jika nyamuk dihilangkan sepenuhnya mungkin akan menimbulkan konsekuensi yang tak terduga dan tidak diinginkan. 

Menggantikan nyamuk pembawa penyakit dengan keturunan yang tak berbahaya menjadi alternatif yang potensial. Nyamuk Mutan untuk Perangi Nyamuk Malaria