16 April 2016

Anak Diwajibkan Mengunjungi Orang Tua

Kantor Berita Xinhua memberitakan sebuah konferensi pers pekan lalu, otoritas setempat mengatakan, anak yang telah dewasa, dan tak lagi tinggal di rumah orangtuanya, wajib mengunjungi dan mengirim salam kepada ayah dan ibunya.




Bagi mereka yang menolak aturan itu akan berhadapan dengan kewajiban hukum yang berat. Sebab, orangtua dimungkinkan untuk mengajukan gugatan kepada anak mereka, jika ternyata mereka tak dikunjungi. 

“Lalu pengadilan dapat memutuskan bahwa anak-anak itu harus kembali ke rumah orangtua mereka,” ungkap Luo Peixin, Wakil Direktur Pemerintahan Shanghai bidang Legislatif.

Jika mereka masih bandel dan tetap bersikeras dengan keputusan pengadilan, maka mereka dimasukkan ke dalam “credit score blacklist”. Daftar hitam itu menyebabkan anak-anak itu akan mengalami kesulitan saat berhubungan dengan bank. Misalnya ketika membuka rekening atau mengajukan permohonan pinjaman.

Sejumlah media di China menyebutkan, perlakuan banyak anak terhadap orangtua mereka di China diibaratkan seperti gaya “hit and run” saat mengemudi, atau macam orang yang naik kereta tanpa membayar tiket. Seperti kucing dan anjing.

(Kompas.com)