12 Februari 2016

Sejarah Pantai Boom Banyuwangi

Pantai Boom Banyuwangi memiliki sejarah yang cukup panjang sebagai pelabuhan. Di masa kejayaan Kerajaan Majapahit, Boom Banyuwangi merupakan tempat singgah para pedagang dan saudagar antar daerah dan negara. Kapal-kapal membawa berbagai angkutan, biasanya kopra dan kapal-kapal nelayan. Hal ini dibuktikan dengan dermaga-dermaga pelabuhan, gudang-gudang bekas dan sebuah tempat pelelangan ikan yang sudah tidak dipakai.


Sejarah Pantai Boom Banyuwangi


Pantai Boom dahulu juga merupakan dermaga penyeberangan penghubung Jawa-Bali, sebelum pelabuhan Ketapang ada. Boom sudah digunakan sebagai jalur transportasi kedua pulau bertetangga yang masih memiliki hubungan sejarah ini. Seiring difungsikannya pelabuhan penyeberangan Ketapang, Kalipuro, perlahan-lahan keramaian Pantai Boom mulai surut. Hanya aktivitas nelayan ikan yang melakukan penangkapan di sekitaran selat Bali saja yang tetap menggunakan lokasi ini.

Kini keberadaan pantai Boom dijadikan sebagai tempat wisata bagi masyarakat Banyuwangi dan sekitarnya dengan mendirikan fasilitas-fasilitas penunjang pariwisata. Wisata Pantai Boom Banyuwangi dan Sejarah




Pantai Boom Banyuwangi - Temporaktif