19 Agustus 2015

Tips Merayakan 17 Agustus di Jakarta

Peringatan hari kemerdekaan Indonesia mungkin sudah sedikit lewat. Namun, kebanyakan masyarakat di Indonesia akan tetap merayakan hari bahagia tersebut hingga akhir Agustus. Jangan sampai ketinggalan keseruan perayaan tahunan ini! Berikut ini beberapa ide bagaimana dan di mana merayakan 17 Agusus di Jakarta. 



Merayakan 17 Agustus di Jakarta


Tips Merayakan 17 Agustus di Jakarta


Berbagai Lomba Khas 17-an

Setiap acara peringatan hari kemerdekaan, berbagai lomba digelar di segala penjuru Jakarta, mulai dari permukiman penduduk, sekolah, tempat kerja, sampai tingkat provinsi DKI. Lomba-lomba seperti balap karung, panjat pinang, makan kerupuk, tarik tambang, dan balap kelereng bersifat merakyat karena bisa diikuti siapa saja, tidak pandang bulu. Tua-muda, besar-kecil, kaya-miskin semua bisa berpartisipasi. Bukan Agustus-an namanya kalau tidak ada lomba-lomba seperti itu di sudut-sudut kampung. Hadiahnya pun bermacam-macam, mulai dari bingkisan ala kadarnya, trofi, sepeda, mesin cuci, lemari es, motor, sampai mobil.

Kalau cuma termotivasi untuk mendapat hadiah, Anda bisa pulang kecewa kalau tidak menang. Tapi kalau Anda berpartisipasi dengan motivasi ikut memeriahkan pesta rakyat ini, pasti Anda akan mendapatkan kepuasan tersendiri. Syukur kalau menang mesin cucinya, bisa untuk menghilangkan bau apek pada baju yang dipakai lomba. Kalau pun tidak menang mesin cuci, yang penting Anda sudah menunjukkan partisipasi, toh bisa mengikuti cara menghilangkan bau apek pada baju di situs Rinso. Atau, baju bekas lomba panjat pinang langsung saja dibuang.

Berkunjung ke Festival

Semarak hari kemerdekaan dapat dilihat dari banyaknya festival yang diselenggarkan di berbagai tempat. Festival-festival merah-putih bisa berlangsung sampai ujung bulan. Berikut adalah agenda festival kemerdekaan yang bisa Anda kunjungi di Jakarta:

Festival Kemerdekaan “Bangga Menjadi Bangsa Indonesia”

Tanggal: 15 – 22 Agustus 2015
Tempat: Lobby 7, Mall of Indonesia
Acara mencakup bazar makanan dan barang-barang kerajinan seni, karaoke, dan perlombaan khas 17 Agustus-an seperti di atas.

Acara Kemerdekaan Studio Fantasi

Tanggal: 22 Agustus 2015
Tempat: Panggung Treasure, Taman Impian Jaya Ancol

Pesta Rakyat DPR: Wayang Kulit Semalam Suntuk dengan Dalang Ki Enthus Susmono

Tanggal: 29 Agustus 2015
Tempat: Kompleks Gedung DPR/MPR

Acara ini terbuka untuk masyarakat umum, juga tersedia bazar makanan dan panggung musik dangdut pada malam-malam yang lain.

Berkunjung ke Museum Nasional

Kadang kita lupa akan sejarah bangsa kita sendiri. Momen 17 Agustus bisa menjadi kesempatan sedikit menoleh ke belakang dengan mengunjungi Museum Nasional atau museum-museum sejarah perjuangan yang lain. Anda bisa berkunjung ke museum-museum di Jakarta, seperti Museum Nasional/Museum Gajah (tiket masuk Rp.3000-5000), Museum Fatahillah (tiket masuk Rp.2000-5000), dan Museum Sejarah Nasional di Monas (tiket masuk Rp.1000-7500). Kunjungi situs museum-museum tersebut untuk mengetahui informasi lebih lanjut.

Secara keseluruhan, perayaan Agustusan adalah kesempatan seru setahun sekali yang patut diikuti. Semarak kemerdekaan ini juga bisa menjadi salah satu kesempatan bagi Anda keluar dari rutinitas sehari-hari. Jika pada hari-hari biasa Anda tidak mau atau tidak bisa berkotor-kotor ria, Agustus adalah bulan untuk berkotor-kotor ria dengan mengikuti berbagai lomba-lomba kerakyatan. Anda tidak perlu khawatir baju menjadi berbau apek dan kotor, itu urusan kecil. Banyak cara menghilangkan bau apek pada baju dan mencuci pakaian yang kotor. Banyak juga cara untuk membersihkan badan. Tapi peringatan 17 Agustus hanya sekali dalam setahun yang seharusnya tidak Anda lewatkan. Apalagi ini HUT RI ke-70!

Dirgahayu Republik Indonesia ke 70 - Temporaktif