15 Juni 2015

Segera Hadir: Jeans Pintar dan Terkoneksi dengan Smartphone

Sejak mulai diproduksi untuk para pekerja tambang pada 1800-an, bahan denim telah berkembang pesat dan menjadi salah satu bahan pakaian yang paling digemari di dunia. Hal ini tidak lepas dari strukturnya yang tangguh dan tahan lama. Dalam waktu dekat, pakaian berbahan denim akan memasuki era baru setelah Google dan Levi’s sepakat mengembangkan teknologi jeans pintar yang terhubung dengan perangkat seluler semisal smartphone dan tablet.

Jeans pintar tersebut akan dibuat menggunakan benang berkonduktivitas tinggi pada satu bagiannya sehingga peka terhadap sentuhan atau gerakan sebagaimana cara kerja layar sentuh. Pemakaian benang berdaya hantar ini menimbulkan pertanyaan tentang perawatan jeans tersebut nantinya: apakah bisa dicuci seperti biasa di dalam mesin cuci, apakah bisa dicuci memakai produk-produk pembersih yang sudah beredar di pasar seperti deterjen Rinso. Menanggapi hal ini, Google meyakinkan bahwa tekstil interaktif ini “bisa ditarik dan bisa dicuci seperti kain biasa.”



Jeans Pintar dan Terkoneksi dengan Smartphone


Jeans Pintar dan Terkoneksi dengan Smartphone


Google dan sebuah perusahaan Jepang sedang mengembangkan benang khusus untuk Proyek Jacquard ini. Walaupun khusus, benang Jacquard bisa digunakan pada semua mesin yang selama ini dipakai di industri tekstil di seluruh dunia jadi bisa langsung dipakai untuk memproduksi pakaian pintar dalam skala besar. Benang tersebut juga bisa ditenun menjadi berbagai bentuk, ukuran, dan pola. Hal ini diharapkan akan mempermudah penyebarluasannya dalam waktu singkat.

Bagian jeans yang mengandung benang Jacquard akan sensitif menerima rangsangan berupa sentuhan jari dan gerakan, misalnya menyilangkan kaki. Rangsangan tersebut akan diubah menjadi sinyal yang dikirimkan tanpa melalui kabel untuk mengoperasikan smartphone atau tablet. Pihak Levi’s menyatakan Proyek Jacquard ini akan memungkinkan para pemakai tidak lagi terpaku melihat layar telepon, “kembali berinteraksi dengan dunia nyata dan menikmati konser atau pertunjukan, bukannya sibuk merekamnya.”

Kesepakatan antara kedua perusahaan raksasa ini telah memancing berbagai ide kreatif para pengembang perangkat lunak. Perusahaan perangkat lunak FocusMotion mengungkapkan garmen interaktif tersebut juga akan mampu memberi tahu si pemakai jika terjadi kenaikan berat badan dan menyarankan program kebugaran yang sesuai untuk si pemakai serta tips kesehatan lainnya.

Berbagai pihak—termasuk para perancang busana—masih menunggu dan melihat-lihat apakah proyek ini akan terwujud dan produknya siap dipakai pada pertengahan 2016 sebagaimana ditargetkan oleh Google dan Levi’s. Para pengamat industri kreatif menekankan pentingnya kepraktisan dalam setiap inovasi. Hal ini mencakup kemudahan dan kualitas konektivitas jeans pintar tersebut dengan perangkat seluler, kemudahan cara mencucinya, kebutuhan khusus produk-produk deterjen untuk membersihkannya, ketahanannya terhadap panas dan guncangan, dan masih banyak lagi. Selama ini jeans dikenal sebagai jenis pakaian yang sangat fungsional, jadi inovasi apa pun yang diterapkan pada garmen ini perlu lebih mengutamakan faktor kegunaan daripada kerepotan cara pemakaian dan perawatannya.

Jeans Pintar dan Terkoneksi dengan Smartphone