02 September 2012

Memasuki kehidupan baru setelah menikah

kehidupan baru setelah menikah
Memasuki kehidupan baru setelah menikah akan lebih banyak menghabiskan waktu bersama teman hidup Anda. Bertambahnya tanggung jawab, tugas-tugas rumah tangga, dan masih banyak kesibukan dan masalah yang akan dihadapai. Berbeda dengan saat ketika masih berpacaran yang kemungkinan hanya dalam situasi yang menyenangkan.

Untuk menciptakan kedamaian dan kebahagiaan dalam keluarga baru, berikut beberapa langkah yang wajib dimiliki oleh pasangan yang memasuki kehidupan baru setelah menikah.

Menciptakan Komunikasi
  • Pernikahan adalah menyatukan dua manusia yang memiliki latar belakang yang berbeda. Kebiasaan dari masing-masing keluarga pasangan tidak sama dan sudah lama terbentuk. Pada awal pernikahan, kadang kebiasaan tersebut masih terbawa oleh pasangan setelah menikah.
  • Masalah ini dapat diselesaikan dengan menciptakan komunikasi yang baik. Hal-hal yang menggangu sebaiknya dibicarakan dengan pasangan agar dapat dicarikan jalan keluarnya. Sebaiknya, masalah dibicarakan saat waktu yang tepat untuk berbicara, misalnya saat santai. 
Bersikap Toleransi
  • Saling menerima kelebihan maupun kekurangan masing-masing pasangan. Perbedaan latar belakang, kebiasaan atau tindakan pasangan dapat menjadi masalah. 
  • Menciptakan sikap bertenggang rasa atau mengembangkan sikap toleransi. Dengan membuat perubahan walaupun menurut mungkin perbuatan tersebut tidaklah salah. Dan juga belajar berpikir positif terhadap pasangan agar tidak mudah tersinggung. 
Menjalankan Tugas dan Peran
  • Memasuki kehidupan baru setelah menikah, pasangan harus belajar untuk menjalankan tugas dan peran masing-masing pasangan Memang tidak mudah untuk menghentikan atau mengurangi kegiatan yang disukai. Tidak mudah pula untuk melakukan pekerjaan yang tidak disukai. Tetapi, itulah tugas baru yang harus dijalankan sebagai suami dan istri. 
  • Pasangan menikah akan lebih banyak tanggung jawab yang harus dipikul. Dengan membicarakan dan bekerja sama dengan baik, akan merasakan bahwa tanggung jawab tersebut tidaklah membebani dan ada banyak kebahagiaan dengan bersama-sama melakukannya. 
Sadarilah bahwa pasangan hidup bukanlah manusia sempurna sehingga akan sangat berpeluang berbuat salah baik disengaja maupun tidak. Jika Anda sering memaafkan pasangan ketika melakukan tindakan yang tidak Anda sukai, pasangan Anda cenderung akan melakukan hal yang sama.

Memasuki kehidupan baru setelah menikah - Temporaktif