01 September 2012

Perguruan Tinggi Asing Mengincar Jakarta

Perguruan Tinggi Asing Mengincar Jakarta. “Berdirinya perguruan tinggi asing di Jakarta merupakan konsekuensi disahkannya UU perguruan tinggi belum lama ini,” kata Rektor Universitas Muhammadiyah Prof Hamka (Uhamka) Prof Suyatno di sela peresmian perubahan Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (MIPA) menjadi Fakultas Farmasi dan Sains (FFS).


Universitas Muhammadiyah Prof Hamka (Uhamka)
Universitas Muhammadiyah Prof Hamka (Uhamka)
Salah satu manuver Universitas Muhammadiyah Prof Hamka (Uhamka) adalah mengubah fakultas MIPA menjadi FFS. Perubahan ini semata-mata untuk membuat semua fakultas yang ada di Uhamka menjadi lebih fleksibel dan berpeluang bekerjasama dengan PT asing. “Sejauh kerjasama dengan PT asing bisa saling menguntungkan, tentu kami harus membuka diri,” pungkasnya. 

Munculnya perguruan tinggi asing satu sisi menguntungkan perguruan tinggi dalam negeri. Karena dengan kemunculan lembaga pendidikan asing, bakal memacu lembaga pendidikan lokal untuk menaikkan mutu dan kualitasnya. Namun di sisi lain, bagi perguruan tinggi lokal yang masih belum siap, ini adalah ancaman yang mengerikan bagi keberlangsungan kehidupan lembaga pendidikan tersebut. PT yang belum siap bisa gulung tikar kalau kalah bersaing.

Kota Jakarta menjadi salah satu kota yang banyak diincar oleh perguruan tinggi asing untuk membuka cabangnya di Indonesia. Selain sarana dan prasarana yang memadai, potensi mendulang calon mahasiswa di Jakarta juga sangat besar.

Perguruan Tinggi Asing Mengincar Jakarta - Temporaktif