13 Mei 2012

Tiga Langkah Asah Kecerdasan si Kecil


anak
Tiga Langkah Asah Kecerdasan si Kecil

1. Melalui permainan

Permainan-permainan seperti menggambar, mainan bongkar-pasang, pasel, petak umpet, ulang tangga, monopoli dan sebagainya, bisa menjadi stimulasi yang tepat untuk melatih kemampuan spasial anak usia prasekolah.

2.  Manfaatkan aktivitas bersama

Saat beraktivitas bersama, misalnya jalan ke mal atau supermarket, juga bisa digunakan untuk melatih kemampuan spasialnya. Umpamanya minta anak menunjukkan arah ke tempat buah/sayur, rak makanan ringan, rak detergen dan seterusnya. Selain lingkupnya terbatas, sehingga lebih mudah diingat anak usia prasekolah, mengajari anak menunjukkan arah di mal/supermarket juga sangat menyenangkan. Kesempatan untuk menunjukkan arah ini bisa diberikan saat bepergian bersama ke tempat yang sudah dikenalnya, misalnya dari pintu depan kompleks biarkan anak menunjukkan arah pulang ke rumah, atau ke rumah nenek, ke sekolahnya dan seterusnya.

3. Pancing dengan pertanyaan

Pancing anak dengan pertanyaan yang ada hubungannya dengan orientasi ruang/arah. Misalnya, “Teman yang duduk di sebelah kamu siapa? Kalau yang duduk paling depan siapa? Dimana tempat makan/minuman diletakkan?” dan seterusnya.