25 Maret 2012

Berkat Internet bertemu keluarga setelah 24 tahun terpisah

Takdir telah memisahkan keluarga mereka pada tahun 1988, namun Google dan Facebook menyatukan mereka setelah 24 tahun berpisah. 


Ini merupakan kisah sebuah keluarga yang bermukim di kota Khandwa, yang terletak sekitar 200 km dari ibukota Negara India. 

Sheru, sekarang berganti nama Shaaru Brali, terpisahkan dari keluarganya pada usia enam tahun ketika kembali ke rumah bersama dengan kakaknya Guddu dan saudara lainnya Kallu, setelah berjualan minuman teh di stasiun Burhanpur.

"Ketika kami pulang ke Khandwa dari Burhanpur, Guddu jatuh dari kereta sementara Sheru tertidur. Aku sampai dan turun di Khandwa, tapi Sheru tetap tertidur di kereta dan sampai mencapai kota Kolkata," kata Kallu. Guddu terpaksa bekerja serabutan sebagai pengganti ayah mereka yang telah meninggalkannya dan menikahi wanita lain. “Ibu kami Fatima Bi dan Guddu merawat dan menjaga kami serta saudari lainnya, Shaqila," lanjut Kallu. 


Sheru tertangkap oleh sekelompok pengemis yang memaksa dia untuk bergabung dengan mereka di stasiun kereta api Kolkata. Dia kemudian berhasil melarikan diri dari cengkeraman mereka dan mendatangi keluarga nelayan yang menyerahkan Sheru kepada Navjeevan Sanstha, sebuah LSM yang mengurus anak-anak yatim.

Akhirnya sepasang keluarga Australia mengadopsi Sheru dan membawanya ke negara mereka dan berganti nama dia sebagai Shaaru Brali. Sheru bersekolah hingga mendapatkan gelar Sarjana Administrasi Bisnis (BBA) dan bergabung dengan sebuah bisnis pertanian keluarga.

Meskipun ia berhasil dalam hidupnya, di dalam hatinya ia memiliki memori keluarganya. Ia juga memiliki foto masa kecilnya dengan saudara-saudara perempuan dan memori samara-samar tentang Brahmapur (Burhanpur).

Melalui internet, Sheru mulai mencari informasi tentang Brahmapur di Google dan situs jejaring Facebook untuk mengetahui nama yang tepat, akhirnya ditemukan nama yang tepat untuk Brahmapur yaitu Burhanpur suatu tempat di mana semasa kecilnya pernah bermain dan bekerja membantu sang kakak.

Berkat Internet akhirnya Sheru, (Shaaru Brali) bertemu dengan keluarganya setelah 24 tahun lamanya berpisah.(ibnlive)